Senin, 30 Januari 2017

Resep Bakso Sapi Yang Super Lezat


Bakso adalah salah satu makanan favorit banyak orang. Cara membuat bakso pada umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau.

Dalam penyajiannya, Bakso umumnya disajikan panas dengan kuah kaldu sapi bening dan dicampur dengan bihun, taoge, tahu, terkadang telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar.

Berbagai jenis bakso sekarang banyak ditawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan ataupun mall. Irisan bakso dapat juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau cap cai.

Bakso memang begitu banyak diminati. Rasa kuahnya yang sedap ditambah dengan daging yang kenyal dan gurih seringkali membuat orang ketagihan. Karena sangat populernya, Dimanapun kita berada, Rasanya tak sulit untuk menemukan bakso daging sapi yang nikmat ini.

Sayangnya, Dengan begitu banyaknya pemberitaan dimedia masa yang negatif tentang penjual bakso, tak sedikit orang yang kini berfikir dua kali jika ingin membelinya disembarang penjual. Dikatakan bakso kini kebanyakan menggunakan bahan pengawet kimia yang bisa membahayakan kesehatan, disamping dengan kualitas daging yang meragukan. Jika anda memang penggemar bakso dan ingin mencoba membuatnya, Berikut ini adalah resep bakso sapi yang super lezat

Cara Membuat Bakso Sapi dan Kuahnya



Pada dasarnya yang menjadikan bakso hasil buatan kita dan juga yang banyak dijual di warung-warung menjadi enak adalah dari kuah bakso itu sendiri yang mana itu didapatkan dari daging yang dimasak bersama kuahnya. Semakin banyak kandungan lemaknya maka akan semakin nikmat.

Itu pula sebabnya banyak penjual bakso kaki lima yang memilih menggunakan tulang yang diremukkan atau pun daging yang menempel di tulang karena bagian tersebut jauh lebih gurih dan berlemak di banding bagian lainnya seperti dada dan pahanya. Ini baru salah satu faktor pemicunya saja, Masih banyak lagi yang harus diperhatikan agar hasil bikin baksonya lebih sempurna, Baik secara rasa maupun teksturnya saat dikunyah.

Bahan yang perlu dipersiapkan:

➤Tepung Sagu/Kanji 50 gram
➤Daging Sapi 350 gram
➤Bawang Putih 4 siung
➤Merica 1/2 sdt.
➤Air Es 100 cc
➤Garam 3 sdt.
➤Telur 1 butir

Bahan untuk kuah bakso:

➤Daun Bawang 2 batang (diiris)
➤Bawang Putih 6 siung
➤Garam 3 sdt.
➤Air 2 liter
➤Merica 1/2 sdt.
➤Tulang/Lutut Sapi 600 gram

Untuk membuat kuah bakso sapi, pertama-tama haluskan bawang putih dengan garam dan merica. Setelah itu didihkan air dengan bumbu tersebut, lalu masukkan tulang. Masak hingga mendidih, lalu saring kuahnya.

Cara Membuat Bakso Sapi

1. Pertama-tama, haluskan bawang putih bersama dengan garam dan merica.
2. Giling daging sapi hingga halus, lalu campurkan dengan tepung sagu, bumbu halus, air es, serta telur. Aduk dan campurkan hingga rata.
3. Panaskan air hingga mendidih. Apabila sudah mendidih, matikan apinya.
4. Ambil adonan bakso sesuai selera, lalu bentuk bulat-bulat menggunakan tangan.
5. Masukkan bakso secara perlahan ke air. Lakukan hingga adonan habis.
6. Nyalakan kembali api dan masak hingga bakso mengapung. Itu tandanya bakso sudah matang.
7. Angkat dan tiriskan.

Untuk penyajiannya, siapkan mangkuk, tata mie kuning basah dan bakso, lalu tuang dengan kuah. Tambahkan bahan pelengkap seperti bawang goreng dan daun bawang. Bakso sapi super lezat siap dihidangkan!


loading...

Popular Posts